RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD NEGERI PANGIPUKAN
Kelas/Semester : IV/1
Tema :
3. Peduli
Terhadap Makhluk Hidup
Sub Tema
: 2. Keberagaman
Makhluk Hidup di Lingkunganku
Pembelajaran Ke :
1
Alokasi waktu :
1 hari ( 2 X 35 menit )
A. Kompetensi Inti
1 Menerima,
menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun,peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi
dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya
3. Memahami pengetahuan faktual dengan
cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan di sekolah
4. Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis,dalam karya yang estetis,
dalam
gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
B. Kompetensi Dasar
Bahasa
Indonesia
3.3
Menggali informasi dari seorang tokoh
melalui wawancara menggunakan daftar pertanyaan
4.3
Melaporkan hasil wawancara menggunakan
kosakata baku dan kalimat efektif dalam bentuk teks tulis
IPA
3.8
Menjelaskan pentingnya upaya
keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam di lingkungannya
4.8 Melakukan kegiatan upaya pelestarian
sumber daya alam bersama orang-orang di lingkungannya
IPS
3.1
Mengidentifikasi karakteristik ruang
dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan
masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi.
4.1
Menyajikan hasil identifikasi
karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai
tingkat provinsi.
C.
Indikator
Bahasa
Indonesia
3.3.1 Membuat kalimat tanya menggunakan kosakata
baku dan kalimat efektif denganbenar.
4.3.1
Membuat jawaban tertulis menggunakan
kosakata baku dan kalimat efektif dengan benar.
IPA
3.8.1 Menganalisis tentang pentingnya peran hewan
sebagai sumber daya alam
dalam
menjaga keseimbangan alam.
4.8
.1 Melakukan upaya pelestarian sumber
daya alam bersama orang-orang dilingkungannya
IPS
3.1.1 Memilih jenis pemanfaatan sumber daya alam hayati bagi kesejahteraan masyarakat dengan tepat
4.1.1 Menyajikan hasil analisis karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat
v 1. Melalui kegiatan mengamati gambar, siswa
mampu membuat pertanyaan menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif dengan
benar
v 2. Melalui kegiatan mengamati gambar, siswa
mampu membuat jawaban tertulis menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif
dengan benar.
v 3.Melalui kegiatan diskusi, siswa mampu memecahan
masalah pentingnya peran hewan sebagai sumber daya alam dalam menjaga
keseimbangan alam dengan tepat.
v 4.Melalui kegiatan diskusi, siswa mampu
memecahan masalah upaya pelestarian sumber daya
alam bersama orang-orang di lingkungannya
v 5. Melalui kegiatan mengamati gambar, siswa
mampu memilih jenis pemanfaatan sumber daya alam hayati bagi kesejahteraan
masyarakat dengan tepat.
v 6. Melalui kegiatan mengamati gambar, siswa mampu menyajikan informasi jenis-jenis pemanfaatan sumber daya alam hayati bagi kesejahteraan masyarakat dengan sistematis..
E. Materi Ajar:
F. Metode dan Model Pembelajaran
G. Alat,
Bahan dan Sumber Belajar
- Alat :
1) Media Daring :
Smartphone, Handphone, Laptop
2) Media Online :
Whatsapp, Goole Meet, Google Form.
3) Media Ajar :
PPT (Power Point)
2.
Bahan Ajar :
1) Gambar-Gambar Hewan
2) Kertas HVS, Alat Tulis
3) LKPD
4) Soal Evaluasi
3.
Sumber :
1) Peduli
Terhadap Makhluk Hidup : buku guru Kelas IV / Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi Jakarta :
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017.
2) Peduli Terhadap Makhluk Hidup : buku siswa Kelas IV/ Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Edisi Revisi Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017
H. Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN |
DEKSKRIPSI
KEGIATAN |
ALOKASI
WAKTU |
Pendahuluan |
·
Guru
membagikan link google meet melalui Group Whatsapp ·
Guru mengecek
kehadiran siswa melalui absen oline di Google Form · Guru mengecek
kesiapan siswa untuk melakukan pembelajaran tatap maya melalui google meet. · Guru
memberikan salam dan mengajak siswa untuk memulai kegiatan dengan
berdo’a terlebih dahulu. ·
Bertanya jawab untuk
menyiapkan kondisi peserta didik dalam menerima pelajaran. · Siswa dan guru menyimak cerita salah seorang
siswa tentang pengalaman menerapkan materi pelajaran sebelumnya sebagai bekal
pelajaran berikutnya · Siswa bertanya
jawab dengan guru berkaitan dengan materi sebelumnya · Siswa
melaksanakan arahan untuk menyimak presentasi yang ditayangkan oleh guru
melalui google meet. · Siswa menyimak
penjelasan dari Guru tentang tujuan pembelajaran yang akan dilaksanakan. |
10 menit |
Kegiatan Inti |
· Siswa dan guru berdiskusi tentang gambar
burung cenderawasih. · Siswa melaksanakan arahan dari guru untuk
membuat pertanyaan terkait burung cenderawasih menggunakan kosakata baku dan
kalimat efektif melalui chats media whatsapp. · Siswa melaksanakan arahan dari guru untuk
membuat jawaban tertulis terkait pertanyaan yang dibagikan temannya di group
whatsapp menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif. · Guru memberikan penguatan tentang
penggunaan kosakata baku dan kalimat efektif. · Siswa dan guru berdiskusi tentang
pentingnya menjaga hewan sebagai sumber daya alam hayati yang memiliki peran
penting dalam kelestarian lingkungan. ·
Siswa melaksanakan arahan dari guru untuk
menjawab secara langsung beberapa pertanyaan terkait pentingnya menjaga hewan
sebagai sumber daya alam hayati. · Guru memberikan penguatan tentang
pentingnya menjaga hewan sebagai sumber daya alam hayati yang memiliki peran
penting dalam kelestarian lingkungan. · Siswa melaksanakan arahan untuk menyimak
presentasi tentang LKPD yang ditayangkan oleh guru melalui google meet. · Siswa dan guru berdiskusi tentang gambar
– gambar hewan yang ada di LKPD. · Siswa melaksanakan arahan dari guru untuk
mengerjakan tugas-tugas yang termuat dalam LKPD secara berkelompok. · Siswa menyajikan hasil kerja kelompoknya
melalui chats media whatsapp dalam bentuk gambar/foto. |
45 menit |
Kegiatan
Penutup |
· Sebelum pelajaran ditutup guru
meminta siswa melakukan refleksi
kesimpulan kegiatan hari ini. Kegiatan refleksi berikut ini. Apa yang telah kamu
pelajari hari ini? Apa yang paling
kalian sukai dari pembelajaran hari ini? Apa yag belum kaian
pahami pada pembelajaran hari ini? · Siswa melakukan analisis kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran · Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk
menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti. · Guru membagikan tautan google form yang berisi
soal ulangan melalui Whatsapp Group Kelas IV · Siswa melaksanakan arahan dari guru untuk mengerjakan
soal ulangan melalui google form. · Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan
pembelajaran) |
15 menit |
I. PENILAIAN :
Teknik Penilaian
1. Sikap
: Penilaian proses
2.
Pengetahuan : Tulis
3.
Keterampilan : Penugasan
Instrumen
Penilaian
1. Sikap :
Menggunakan rubrik
2. Pengetahuan :
Esey
3. Keterampilan : Menggunakan rubrik
J. KKM :
Bahasa
Indonesia = 74
IPA = 72
IPS = 73
K. Refleksi :
- Apa
saja hal-hal yang perlu menjadi perhatian Bapak/Ibu selama pembelajaran?
- Siapa
saja yang perlu mendapatkan perhatian khusus?
- Apa
saja hal-hal yang menjadi catatan keberhasilan pembelajaran yang telah
Bapak/Ibu lakukan?
- Apa
saja hal-hal yang harus diperbaiki dan ditingkatkan agar pembelajaran yang
Bapak/Ibu lakukan menjadi lebih efektif?
Mengetahui
Kepala Sekolah, IDAD RUKANDI,S.Pd NIP. 196802101991031006 |
Patokbeusi, Oktober
2020 Guru Kelas IV KARYANI,S.Pd |
LAMPIRAN
PENILAIAN :
1. Bahasa Indonesia
Daftar pertanyaan siswa dinilai menggunakan rubrik. Beri tanda centang (√) sesuai pencapaian siswa.
Kriteria |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
Daftar pertanyaan |
Semua pertanyaan tepat |
Sebagian besar Pertanyaan tepat |
Hanya sebagian kecil pertanyaan tepat |
Belum mampu Membuat pertanyaan dengan tepat |
Kosakata baku |
Menggunakan kosa kata baku dalam semua pertanyaan |
Menggunakan kosakata baku dalam sebagian besar pertanyaan |
Menggunakan Kosakata baku dalam sebagian kecil pertanyaan |
Belum mampu Menggunakan kosakata baku dalam pertanyaan |
Kalimat efektif |
Menggunakan kalimat efektif dalam semua pertanyaan. |
Menggunakan Kalimat efektif dalam sebagian besar pertanyaan. |
Menggunakan Kalimat efektif dalam sebagian kecil pertanyaan. |
Belum mampu menggunakan kalimat efektif dalam semua pertanyaan |
Sikap mandiri |
Tugas diselesaikan dengan mandiri. |
Sebagian besar tugas diselesaikan dengan mandiri |
Tugas diselesaikan Dengan motivasi dan bimbingan guru. |
Belum dapat menyeselesaikan tugas meski telah diberikan motivasi dan bimbingan |
Total Nilai Siswa
Penilaian (penskoran): x 10
Total Nilai Maksimal
Pertanyaan siswa
tentang identifikasi masalah keseimbangan lingkungan untuk menjaga keberadaan
hewan diperiksa menggunakan rubrik.
Beri tanda centang (√) sesuai pencapaian siswa.
Kriteria |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
Masalah Keseimbangan lingkungan |
Mengidentifikasi semua masalah keseimbangan lingkungan dengan tepat |
Mengidentifikasi sebagian besar masalah keseimbangan lingkungan dengan tepat. |
Mengidentifikasi hanya sebagian kecil masalah keseimbangan lingkungan dengan tepat. |
Belum mampu mengidentifikasi masalah keseimbangan lingkungan dengan tepat |
Identifikasi Masalah keseimbangan lingkungan |
Melakukan identifikasi dengan mandiri dan tepat. |
Melakukan identifikasi dengan cukup mandiri dan cukup tepat |
Melakukan identifikasi dengan kurang mandiri namun cukup tepat |
Belum mampu melakukan identifikasi dengan mandiri dan tepat. |
Sikap rasa Ingin tahu |
Tampak antusias dan mengajukan banyak ide dan pertanyaan selama kegiatan. |
Tampak cukup antusias dan terkadang mengajukan ide dan pertanyaan selama kegiatan. |
Tampak kurang antusias dan tidak mengajukan ide dan pertanyaan selama kegiatan. |
Tidak tampak antusias dan perlu dimotivasi untuk mengajukan ide dan pertanyaan |
Total Nilai Siswa
Penilaian (penskoran): x 10
Total Nilai Maksimal
Tugas siswa menemukan
dan menuliskan informasi tentang pentingnya hewan sebagai bagian dari sumber
daya alam, dinilai menggunakan rubrik..
Beri tanda centang (√) sesuai pencapaian siswa.
Kriteria |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
Hewan sebagai bagian dari sumber daya alam |
Mampu mengidentifikasi tentang peran hewan sebagai bagian dari sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dengan tepat |
Mampu mengidentifikasi tentang peran hewan sebagai bagian dari sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dengan cukup tepat |
Mampu mengidentifikasi tentang peran hewan sebagai bagian dari sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dengan kurang tepat. |
Belum mampu mengidentifikasi tentang peran hewan sebagai bagian dari sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dengan tepat |
Penyajian informasi tentang hewan sebagai bagian dari sumber daya alam |
Mampu menyajikan informasi tentang peran hewan sebagai sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dengan sistematis |
Mampu menyajikan informasi tentang peran hewan sebagai sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dengan cukup sistematis |
Mampu menyajikan informasi tentang peran hewan sebagai sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dengan kurang sistematis. |
Belum mampu menyajikan informasi tentang peran hewan sebagai sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dengan sistematis |
Sikap Peduli |
Peduli terhadap keberadaan sumber daya alam Indonesia secara konsisten |
Cukup peduli terhadap keberadaan sumber daya alam Indonesia. |
Kurang peduli terhadap keberadaan sumber dayaalam Indonesia |
Belum menunjukkan kepedulian terhadap keberadaan sumber daya alam |
Sikap Tanggung Jawab |
Bertangung jawab terhadap tugas-tugas secara konsisten |
Cukup bertangung jawab terhadap tugastugas secara konsisten |
Kurang bertangung jawab terhadap tugas-tugas secara konsisten |
Belum bertangung jawab terhadap tugas-tugas secara konsisten. |
Penilaian (penskoran): x 10
Total Nilai Maksimal
Sikap siswa saat melakukan diskusi pemecahan masalah dapat dinilai menggunakan rubrik.
Beri tanda centang (√) sesuai pencapaian siswa.
Kriteria |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
Mendengarkan |
Selalu mendengarkan teman yang sedang berbicara. |
Mendengarkan teman yang berbicara namun sesekali masih perlu diingatkan. |
Masih perlu diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara |
Sering diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara namun tidak mengindahkan |
Komunikasi non verbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur, ekspresi wajah, suara) |
Merespon dan menerapkan komunikasi non verbal dengan tepat. |
Merespon dengan tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman |
Sering merespon kurang tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. |
Membutuhkan bantuan dalam memahami bentuk komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman |
Partisipasi (menyampaikan ide, perasaan, pikiran) |
Isi pembicaraan menginspirasi teman. Selalu mendukung dan memimpin lainnya saat diskusi. |
Berbicara dan menerangkan secara rinci, merespon sesuai dengan topik |
Berbicara dan menerangkan secara rinci, namun terkadang merespon kurang sesuai dengan topik. |
Jarang berbicara selama proses diksusi berlangsung. |
Total Nilai Siswa
Penilaian (penskoran): x 10
Total Nilai Maksimal
4. Diskusi
Sikap siswa saat
melakukan diskusi pemecahan masalah dapat dinilai menggunakan rubrik.
Beri tanda centang (√) sesuai pencapaian siswa.
Kriteria |
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Perlu Pendampingan (1) |
Mendengarkan |
Selalu mendengarkan teman yang sedang berbicara. |
Mendengarkan teman yang berbicara namun sesekali masih perlu diingatkan. |
Masih perlu diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara |
Sering diingatkan untuk mendengarkan teman yang sedang berbicara namun tidak mengindahkan |
Komunikasi non verbal (kontak mata, bahasa tubuh, postur, ekspresi wajah, suara) |
Merespon dan menerapkan komunikasi non verbal dengan tepat. |
Merespon dengan tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman |
Sering merespon kurang tepat terhadap komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman. |
Membutuhkan bantuan dalam memahami bentuk komunikasi non verbal yang ditunjukkan teman |
Partisipasi (menyampaikan ide, perasaan, pikiran) |
Isi pembicaraan menginspirasi teman. Selalu mendukung dan memimpin lainnya saat diskusi. |
Berbicara dan menerangkan secara rinci, merespon sesuai dengan topik |
Berbicara dan menerangkan secara rinci, namun terkadang merespon kurang sesuai dengan topik. |
Jarang berbicara selama proses diksusi berlangsung. |
Judul : Mengidentifikasi
Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku
Penilaian : Unjuk
Kerja
Rubrik Penilaian Praktek
No. |
Aspek/Kriteria yang
dinilai |
Skor |
Bobot |
1 |
Alat dan Bahan |
0 - 4 |
37,50% |
Alat tulis, kertas HVS secukupnya, daftar siswa |
3 |
||
tidak membawa satu alat/bahan atau satu alat/bahan
tidak sesuai ketentuan |
2 |
||
tidak membawa dua alat/bahan atau dua alat/bahan tidak
sesuai ketentuan |
1 |
||
Tidak membawa seluruh alat/bahan atau seluruh
alat/bahan tidak sesuai ketentuan |
0 |
||
Teknik Mengidentifikasi Keberagaman Makhluk Hidup di
Lingkunganku |
0 - 2 |
||
Kolom Daftar Identifikasi lengkap, diisi sesuai
ketentuan |
2 |
||
Kolom Daftar Identifikasi lengkap, tidak diisi sesuai
ketentuan |
1 |
||
Kolom Daftar Identifikasi tidak lengkap, tidak diisi
sesuai ketentuan |
0 |
||
Skor Maksimum |
6 |
||
2 |
Hasil Mengidentifikasi Keberagaman Makhluk Hidup di
Lingkunganku |
0 - 2 |
62,50% |
Nama, Ciri-ciri dan Kategori hewan Lengkap dan Sesuai |
2 |
||
Terdapat kesalahan dalam mendeskripsikan ciri-ciri dan mengkategorikan
jenis hewan |
1 |
||
Tidak melakukan Mengidentifikasi |
0 |
||
Menjawab Pertanyaan |
0 - 4 |
||
Menjawab 3 pertanyaan lengkap dan tepat |
4 |
||
Menjawab 2 pertanyaan lengkap dan tepat |
3 |
||
Menjawab 1 pertanyaan lengkap dan tepat |
2 |
||
Tidak menjawab pertanyaan |
1 |
||
Membuat Kesimpulan |
0 - 2 |
||
Membuat kesimpulan dengan tepat |
2 |
||
Membuat kesimpulan kurang tepat |
1 |
||
Tidak membuat kesimpulan |
0 |
||
Mengisi tabel pengamatan |
0 - 2 |
||
Tabel pengamatan diisi sesuai dengan masing-masing |
2 |
||
Terdapat kesalahan dalam mengisi tabel pengamatan |
1 |
||
Tidak Menisi Tabel |
0 |
||
Skor Maksimum |
10 |
RPP diatas bisa Anda download melalui link berikut:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar